Dipublikasikan: 2023-11-27 11:21

Dehorning atau Disbudding: Proses Penghilangan Tanduk Hewan Ternak

Kata "dehorning" adalah terminologi yang mungkin kurang dikenal dalam penggunaan sehari-hari. Ini adalah tindakan yang dilakukan pada hewan ternak, terutama sapi, untuk menghilangkan tanduk atau tunas tanduk yang tumbuh. Dehorning dilakukan untuk mengurangi potensi bahaya terhadap peternak dan hewan ternak lainnya, serta mempermudah perawatan ternak. Beberapa metode dehorning yang umum dilakukan meliputi:

  1. Dehorning Menggunakan Bahan Kimia: Proses ini melibatkan penggunaan caustic soda yang menghambat pertumbuhan tanduk secara perlahan. Biasanya diterapkan pada hewan yang baru lahir atau berumur kurang dari satu minggu. Keamanan adalah perhatian utama, sehingga peternak harus menggunakan sarung tangan untuk melindungi diri dari paparan bahan kimia.
  2. Dehorning Menggunakan Besi Panas: Metode ini cocok untuk hewan yang masih muda, sekitar usia satu bulan. Alat panas seperti besi, alat listrik, atau alat pemanas lainnya digunakan untuk memperlambat pertumbuhan tanduk dengan cara memanaskan dan menempelkannya pada tunas tanduk. Namun, penting untuk menghindari kontak yang berlebihan agar tidak membahayakan hewan.
  3. Dehorning Menggunakan Gergaji: Metode ini diterapkan pada hewan dewasa karena tanduk sudah tumbuh penuh. Dehorning dilakukan dengan memotong tanduk menggunakan gergaji. Hewan harus diikat dengan aman agar proses ini dapat dilakukan tanpa risiko cedera.

Semua metode dehorning ini dianggap aman saat dilakukan dengan benar. Mereka memberikan cara sederhana bagi peternak untuk menjaga keamanan dan kenyamanan hewan ternaknya.

Sumber: https://sapi.co.id/berbagai-macam-cara-dehorning/

Hewan ; Ternak ; Dehorning ; Disbudding
Berita Lainnya